PSORIOSIS



Percaya atau tidak saya tak pernah ambil tahu ape itu psoriasis...rupa-rupanya penyakit ni sangat serius ya...sangat menakutkanla kalau penyakit ni terjadi pada kita kan...so kali ni saya nak cerita pasal penyakit kronik ni...mana tahu untuk pengetahuan kita bersama kan...sama-sama la kita elakkan daripada terkena penyakit kronik ya kawan2...

Psoriasis adalah keadaan kulit yang tidak normal di mana kulit penghidap menebal lebih cepat dari kulit yang normal. Ia adalah keadaan kulit yang tidak berjangkit. Kawasan yang biasa dihidapi adalah kulit kepala, lutut dan siku tetapi boleh juga menjangkiti pada bahagian badan lain termasuk kuku dan tulang.

Penyakit kulit Psoriasis ini merupakan penyakit inflamasi noninfeksius yang kronik pada kulit dimana produksi sel – sel epidermis terjadi dengan kecepatan kurang lebih enam hingga Sembilan kali lebih besar daripada kecepatan yang normal.




Psoriasis sering timbul di kuku, dimulai dari bintik putih pada kuku sampai ke penebalan kuku, juga mengenai kulit kepala (skalp) ditandai dengan sisik besar dan penebalan dengan warna kemerahan yang akan melewati batas rambut. Selain itu penyakit ini sering mengenai siku dan lutut, walaupun dapat juga mengenai wajah, lipat lutut dan siku, genitalia, telapak tangan dan kaki, sesuai tingkat keparahannya penyakit ini bisa meluas keseluruh tubuh (eritroderma) yang akan menimbulkan kegawatan dan dapat mengancam jiwa. Psoriasis merupakan inflamasi kronis pada kulit yang sering terjadi.

Penyebab penyakit psoriasis.

Seperti keadaan penyakit lainya, begitupun dengan penyakit psoriasis  juga mempunyai penyebab, berdasarkan penelitian para doktor, ada beberapa hal yang diperkirakan dapat di kaitkan dengan timbulnya Psoriasis, antara lain adalah :

Garuan/gesekan dan tekanan yang berulang-ulang , misalnya pada saat gatal digaru terlalu kuat atau penekanan anggota tubuh terlalu sering pada saat aktiv. Bila Psoriasis sudah muncul dan kemudian digaru/dikorek, maka akan mengakibatkan kulit bertambah tebal.

>Ubat telan tertentu antara lain ubat anti hipertensi dan antibiotik. 
>Sapuan ubat terlalu keras bagi kulit.
>Emosi tak terkendali.
>Sedang mengalami infeksi saluran nafas bahagian atas,demam, batuk dan beberapa infeksi lainnya.
>Makanan berkalori sangat tinggi sehingga badan terasa panas dan kulit menjadi merah , misalnya mengandung alcohol.
  


Selain penyebab penyakit psoriasis informasi yang perlu anda ketahui adalah ciri-ciri. Ciri-ciri penyakit psoriasis psoriasis yang menjadi salah satu dasar untuk mendiaknos seseorang bahawa orang tersebut mengalami sakit psoriasis. 

Adapun ciri-ciri penyakit psoriasis antara lain:

Di daerah kepala menyerupai kerak kelemumur
Di siku, lutut dan punggung
Di wajah
Telapak tangan
Telapak kaki
Boleh juga pada alat kelamin.
Juga menyerang kuku (akan terlihat lubang-lubang kecil pada salah satu bahagian kuku sehingga menyebabkan kuku rapuh).

Apa Penyebab Psoriasis?

Penyebab pasti psoriasis tetap tidak diketahui. Mungkin ada kombinasi faktor-faktor risiko, termasuk kecenderungan genetik dan faktor lingkungan. Hal ini umum bagi psoriasis yang dapat ditemukan dalam anggota keluarga yang sama. Sistem kekebalan diperkirakan memainkan peranan utama. Meskipun penelitian selama 30 tahun terakhir melihat banyak pemicunya, para "master switch" yang berubah pada psoriasis masih merupakan misteri.



Psoriasis Terlihat Seperti Apa? 

Psoriasis biasanya tampak seperti kemerahan atau pink yang menebal, timbul, dan kulit kering. Secara klasik mempengaruhi daerah dibagian siku, lutut, dan kulit kepala. Pada dasarnya disetiap daerah tubuh mungkin terlibat. Ini cenderung lebih sering terjadi di daerah trauma, menggosok berulang-ulang,penggunaan, atau lecet.

Psoriasis memiliki banyak penampilan yang berbeda. Kemungkinan seperti benjolan kecil merata, plak tebal besar yang mengangkat kulit, bercak-bercak merah, dan serpihan kulit kemerahan agak keringhingga kulit kering membesar yang mengelupas. Kita akan melihat beberapa jenis yang berbeda padagambar berikut.




Psoriasis vulgaris

Psoriasis vulgaris adalah nama medik untuk bentuk psoriasis yang paling umum ( "vulgaris" berarti umum). Sekitar 80% dari orang-orang dengan psoriasis memiliki tipe ini. Hal ini juga disebut plak psoriasis kerana karakteristik plak pada kulit: bercak-bercak yang terdefinisi dengan baik mengangkat kulit kemerahan yang dapat muncul pada daerah kulit, meskipun lutut, siku, kulit kepala, batangan, dan kuku adalah lokasi yang paling umum. Penumpukan plak warna putih keperakan yang mengelupas di atas skala, yang terdiri dari sel-sel kulit mati. Skala ini melonggaran dan plak tersebut menjadi rontokterus-menerus.






Psoriasis Guttate

Psorias guttate adalah jenis psoriasis yang terlihat kecil, titik pink-salmon pada kulit. Guttate ini berasal dari kata Latin - gutta, yang berarti jatuh. Biasanya ada skala yang baik pada lesi droplike yang jauh lebih baik daripada skala plak psoriasis, jenis psoriasis yang paling umum. Pemicu untuk penyakit ini sering kali sebelumnya infeksi (bakteri) streptococcus. Letusan dari lesi pada kulit biasanya terjadi sekitar dua sampai tiga minggu setelah orang memiliki radang tenggorokan. Wabah dapat hilang dan tidak terulang kembali.



Cadangan Supplement dari shaklee : -

NUTRIFERON: sebagai IMMUNE BOOSTER (ambil setiap hari)  klik sini

BCOMPLEX: mengawal stress. kerana tompokan psorisis akan lebih cepat merebak jika stress.  klik sini

GLA : menstabilkan hormon dalam badan   klik sini

VITAMIN C: supaya kulit tidak menggelupas  klik sini

COLLAGEN POWDER : melembapkan, dan menolong sel - sel semakin baik  klik sini

ESP : protein untuk pembentukan sel kulit baru   kilk sini

Vit E : utk kulit, melicin dan merawat kulit yg bermasalah dan rosak. Ia juga utk elakkan luka dari dijangkiti bakteriadan memudarkan parut.   klik sini

[luaran]

HERBAL BLEND: sebagai lotion untuk melebapkan kulit   klik sini



Berminat? Hubungi:
PM: http://www.facebook.com/messages/PutriZulizanShaklee
Blog: http://mummyzulizan.blogspot.com/
Email: putrizulizan@gmail.com
Call/SMS/WhatsApp: 01131516529 / 0123600564
COD Area: Puchong, Shah Alam, Klang,Kuala Selangor & Tanjung Karang

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CONNECT whit ME!

Name

Email *

Message *

I AM IN LOVE!!!!

I AM IN LOVE!!!!